cover
Contact Name
ahmad zain
Contact Email
elbanyumasi@yahoo.co.id
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalprofesi2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Kota Bekasi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
ISSN : 27970701     EISSN : 23018836     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan keguruan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan" : 5 Documents clear
ANALISA TEORI PARENT-OFFSPRING CONFLICT DITINJAU DARI KERANGKA FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN Diny Amenike
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teori parent-offspring conflict (POC) merupakan teori yang digagas oleh Robert Trivers pada tahun 1974. Teori ini merupakan salah satu teori yang menjelaskan bagaimana konflik hubungan orang tua dan anak (keturunannya) dalam kerangka psikologi evolusioner (evolutionary psychology) yang menekankan faktor nature dalam menjelaskan perilaku manusia. Perbedaannya dari teori lain adalah dasar teori evolusi dalam kemunculannya dalam menjelaskan konflik hubungan orang tua dan anak. Konflik yang terjadi disebabkan karena faktor genetik yang overlap dan tidak identik antara orang tua dan anak. Trivers sampai saat ini masih terus mengembangkan teorinya dan ia mencoba mempelajari dan memahami situasi di alam dimana gen-gen di dalam tubuh seseorang yang tidak sepakat (disagreement), bagaimana gen tersebut dipilih—diseleksi—dalam petunjuk yang bertentangan (conflicting directions).
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK UKIR MATERI MEMBUAT PRODUK 2D TEKNIK UKIR DATAR DENGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR Momo
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan perumusan masalah (1) Bagaimanakah proses pembelajaran melalui implementasi pembelajaran berbasis inkuiri siswa kelas SMK Negeri 58 Jakarta Timur.pada Pembuatan Produk Dengan Teknik Ukir? (2) Bagaimanakah peningkatan pemahaman siswa kelas SMK Negeri 58 Jakarta Timur.pada materi norma dalam kehidupan bermasyarakat? (3) Bagaimanakah peningkatan kreativitas siswa kelas SMK Negeri 58 Jakarta Timur.melalui implementasi pembelajaran berbasis inkuiri? (4) Bagaimanakah respon siswa terhadap implementasi pembelajaran berbasis inkuiri siswa kelas SMK Negeri 58 Jakarta Timur.?. Dan dengan tujuan : Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui implementasi pembelajaran berbasis inkuiri siswa kelas SMK Negeri 58 Jakarta Timur., Untuk mengetahui sejauh mana implementasi pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas SMK Negeri 58 Jakarta Timur., Untuk mengetahui sejauh mana implementasi pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas SMK Negeri 58 Jakarta Timur., Untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi pembelajaran berbasis inkuiri siswa kelas SMK Negeri 58 Jakarta Timur. Berdasarkan data hasil angket yang diberikan kepada siswa didapatkan sebagian besar 34 atau (94,4%) siswa menyatakan senang belajar dengan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dan hanya 2 (5,6%) siswa menyatakan tidak senang. Dalam aspek kegunaan pembelajaran yang baru dilakukan dalam kehidupannya sekitar 33 (88,8%) siswa mampu merasakan hal tersebut sedangkan 3 (11,2%) siswa belum dapat. Prosentase tersebut juga berlaku dalam aspek tentang perlu tidaknya metode pembelajran itu digunakan. Padahal sebagian besar siswa merasa tertantang dengan langkah-langkah pembelajaran yang baru dilakukan, hal ini ditunjukkan oleh 31 (86,1%) siswa dan 5 (13,9%) siswa merasa tidak ada tantangan. Bahkan siswa yang secara terbuka merasakan tertarik metode yang dikembangkan guru 34 (94,4%)siswa dan hanya 2 (5,6%) siswa menyatakan tidak tertarik. Maka dengan hasil ini dapat dikatakan bahwa metode inkuiri yang dikembangkan oleh guru (peneliti) secara garis besar dapat diterima oleh siswa
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MATERI SIFAT-SIFAT ZAT DAN PERUBAHAN WUJUD ZAT DENGAN PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN 'JIGSAW' PADA SISWA KELAS VII-E SMP NEGERI 220 JAKARTA BARAT Nurhadi Permana
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran aktif atas informasi, ketrampilan, dan sikap berlangsung melalui proses penyelidikan atau proses bertanya. Siswa dikondisikan dalam sikap mencari (aktif) bukan sekedar menerima (reaktif). Salah satu teknik atau jalan keluar yang dilakukan untuk menangani masalah tersebut di atas yaitu dengan mengaktifkan siswa melalui teknik permainan 'JIGSAW'. Teknik permainan 'Jigsaw' yaitu teknik pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan permainan serupa dengan pertukaran kelompok dengan kelompok, dimana setiap siswa mengajarkan sesuatu. Tiap siswa mempelajari sesuatu yang berbeda dengan lainnya yang bila digabungkan dengan materi yang dipelajari oleh siswa lain, membentuk kumpulan pengetahuan atau ketrampilan yang padu. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: "Apakah penerapan teknik Permainan 'Jigsaw' dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Biologi. ? Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi: Guru sebagai sarana untuk mengantisipasi hambatan/kelemahan penyelenggaraan pembelajaran serta sebagai upaya untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi sehingga menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui teknik Permainan Jigsaw. Manfaat Bagi Siswa sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Biologi dan melatih siswa untuk berfikir kreatif dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Bagi Sekolah penelitian ini dapat memberikan bahan informasi yang penting pada pihak sekolah dalam penyelenggaraan program pendidikan dan pengajaran dan sebagai alternatif teknik pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan mutu pembelajaran Biologi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM ESKRESI MANUSIA DENGAN METODE EFEKTIVITAS PENGORGANISASIAN AWAL PADA SISWA KELAS IX-1 SMP NEGERI 220 JAKARTA Sugiyarto
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mencoba mengkaji penerapan metode pembelajaran kooperatif Investigasi kelompok dalam proses pembalajaran. Efektifitas Pengorganisasian Awal adalah metode pembelajaran yang melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Metode pembelajaran ini menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam ketrampilan proses kelompok (group process skills). Para siswa memilih topik yang ingin dipelajari, mengikuti investigasi mendalam terhadap berbagai subtopik yang telah dipilih, kemudian menyiapkan dan menyajikan dalam suatu laporan di depan kelas secara keseluruhan. Dalam melaksanakan penelitian ini penulis mengambil lokasi penelitian di SMP Negeri 220 Jakarta Barat tahun pelajaran 2014-2015. Disana didapatkan bahwa keaktifan siswa pada aspek “semangat siswa dalam kegiatan belajar mengajar” terlihat adanya peningkatan skor. Sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif Investigasi kelompok untuk indikator BS (Baik Sekali) tidak ada skor persentasenya, untuk indikator B (Baik) nilai skor persentasenya 60%, untuk indikator C (Cukup) nilai skor persentasenya 32,5% dan untuk indikator K (Kurang) skor persentasenya 7,5%. Setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif Investigasi kelompok pada siklus I dan siklus II masing-masing indikator terjadi peningkatan, keaktifan siswa untuk aspek semangat siswa, kerjasama, mengeluarkan pendapat untuk memecahkan permasalahan dan memberikan pertanyaan (bertanya) yang juga mengalami peningkatan skor. Dari data menunjukkan bahwa setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif Investigasi kelompok pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, yaitu untuk indikator BS naik menjadi 2,5% pada siklus I dan 7,5% pada siklus II. Untuk indikator B naik menjadi 15% pada siklus I dan 22,5% pada siklus II. Untuk indikator C mengalami peningkatan yaitu 67,5% pada siklus I dan 57,5% pada siklus II. Sedangkan indikator K mengalami penurunan yaitu sebesar 15% pada siklus I dan 12,5% pada siklus II. Penurunan ini menunjukkan bahwa dengan adanya penerapan metode pembelajaran kooperatif Investigasi kelompok siswa menjadi lebih aktif bertanya dan mengalami keterlibatan proses
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI SISWA Sarnoto, Ahmad Zain
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In this reaserch, the writer uses survey method with correlation approach towards quantitative data wich obtained from object of reaserch which are Muhammadiyah high school of 7, sawangan depok, jawa barat, with the study sample of 115 student’s of Muhammadiyah high school of 7, sawangan depok, jawa barat, at the first semester of the academic year 2016-2017. In this reaserch writer were uses questionnaires, observation, and documentation. For data analyse , writer use data analyse technique with the calculation method of computerized system (SPSS) for windows 22 version with correlation and regression analyse type are descriptively elaborated. The reaserch shows that. First, from computeraized count (SPSS) there is a significant positive influence between studies motivation towards value PAI students show that for value t-cuont studies motivation variabel (X1) is 2,50< value t-table 1,95 ( n-k = 115-2=113) and significant value is 0,011< a = 0,05 because value t-cuont studies motivation variable (X1) is 2,580 > value t-table = 1,95 and significant value 0,011 < a = 0,05 so HO reviews and H1 ricive. This is mean studies motivation variable (X1) influence significantly and positive to variable value learn PAI (Y). Second, value t-cuont teacher’s professionalism variabel (X2) is 7,456> value t-table 1,95 ( n-k = 115-2=113) and significant value is 0,000 < a = 0,05 because value t-cuont teacher’s professionalism variabel variable (X2) is 7,456 > value t-table = 1,95 and significant value 0,000< a = 0,05 so Ho reviews and H1 ricive. This is mean studies motivation variable (X1) influence significantly and positive to variable value learn PAI (Y). Third, from table summary type there is coefficient determination (R2) independent variable and dependent variable is 0,580 (58%), that mean the amount of contribution independent variabel towards dependent variable is 58% and the rest is 42% (100%-58% = 42%) from variable or from onather factor that not search yet in this searching. from table summary type rich strength value relation (R) between studies motivation variable (X1) and teacher’s professionalism variabel (X2) to learn value PAI (Y) is 0,726 (76,2%). That show the relation between studies motivation variable (X1) and teacher’s professionalism variabel (X2) to learn value PAI (Y) is strong because at the range 0,600 – 0,799

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 2 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 1 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 2 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 1 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 2 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 1 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 1 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 2 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 1 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 2 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 1 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 2 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 1 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan More Issue